mempelajari MODx

  • Digg
  • Del.icio.us
  • Reddit
  • RSS

minggu ini saya dapat jatah untuk memahami dan mempresentasikan tentang MODx. MODx adalah salah satu CMS (Content Management System). MODx ini sekarang memiliki dua versi, yaitu versi Evolution dan Revolution. perbedaan umum yang saya ketahui adalah, Evolution terlahir lebih tua dari Revolution dan lebih mudah untuk mempelajarinya. sedang Revolution sudah lebih cangih dan memiliki fitur yang lebih baik. 
MODx dapat secara mudah kita pelajari terutama bagi orang awam sekalipun.
CMS ini merupakan open source, untuk memilikinya download di situs resminya http://modx.com/  setelah terdownload mari kita install.
yang kita butuhkan untuk menginstall MODx adalah MODx versi Revolution, disini saya memilih yang traditional. kemudian server xampp atau boleh yang lainnya. kemudian browser.
pertama kali bagi yang belum memiliki xampp dapat mendownloadnya sendiri ya. 
setelah terinstall xampp nya, kita download MODx lalu extract here. pindahkan folder yang telah ter-extract pada htdocs. letaknya ada ditempat instalasi xampp tadi. biasanya instalasi diletakkan di system(C). 
system(C) -- xampp --htdocs.
setelah benar-benar diletakkan pada folder htdocs, sekarang pastikan mysql aktif. caranya buka pada panel xampp lalu aktifkan. lalu buka browser anda " localhost/modx/setup " tuliskan folder modx yang ada pada xampp semisal ada versinya juga. 
setelah itu buat tab baru pada browser dan buka " localhost/phpmyadmin " buat database dengan nama MODx. setting connectionnya sudah ada. jadi hanya tinggal membuat database dengan nama ynag sesuai saja.
kembali pada halaman insxtalasi sebelumnya. isi semua data yang dibutuhkan lalu next. klik check connection dan databasenya. jika sukses lanjutkan dengan klik next saja. 
jika belum berhasil pastikan nama databasenya sesuai.
gampang bukan.
setelah terinstall tinggal kita masuk dan edit setting di dalamnya sesuai yang kita inginkan.

0 Komentar to “mempelajari MODx”

Posting Komentar

Powered By Blogger