menangani masalah baterry laptop

  • Digg
  • Del.icio.us
  • Reddit
  • RSS

ini kasus saya sendiri yang kemudian saya angkat menjadi topik kali ini untuk berbagi pengalaman dengan teman-teman.
awalnya saya dapat saran dari beberapa orang, kalau ingin baterai anda awet alias tahan lama, lebih baik baterai dilepas saja saat didalam ruangan atau dirumah. dan saya ikuti saran dari beberapa orang tersebut sehingga setiap saya melakukan pekerjaan baterai saya lepas dan hanya menggunakan charger. sebelum saya lepas baterai saya isi full. beberapa hari atau mungkin seminggu baterai tidak pernah saya pasang,
karena laptop tidak pernah saya bawa kemana-mana. dan setelah seminggu saya diharuskan membawa laptop ke kost teman. dan saya pasang baterai kemudian saya nyalakan. dan hasilnya.... nihil..
laptop tidak bisa menyala seperti sedia kala. kemudia saya colokkan charger dan bisa dinyalakan laptop saya. saya lepas chargernya pun masih bisa menyala karena kondisi baterai masih full. intinya, laptop say atidak bisa menyala tanpa dialiri listrik dulu. dan selama laptop hidup tanpa charger, ternyata baterai tidak terdeteksi di laptop. kebetulan saya menggunakan OS win7 dan OS Linux.
saya konsultasikan ke teman saya yang memang ahli dalam hal tehnik seperti ini. namun belum ada hasil juga.
saya cari cara di situs-situs internet serta forum yang saya ikuti. disitu semua menyarankan untuk masuk ke safe mode yang sebelumnya baterai di isi penuh.
padahal kondisi baterai sudah saya habiskan dan tidak dapat mengisi. tapi saya tetap memasang charger serta baterai saya meskipun tidak mengisi. saya pikir baterai saya perlu pemanasan saja.
kemudian ada tanda "consider replacing your battery" . saya biarkan semalaman laptop tidak saya matikan.
kemudian saya diberi software batterycare oleh teman saya. setelah saya pasang ternyata baterai telah penuh. akhirnya saya masuk ke safe mode.
caranya. pasang charger lalu nyalakan laptop dan tekan tombol F8 berkali-kali hingga masuk ke windows safe mode. pilih safe mode. lalu cabut charger. biarkan laptop menyala sampai mati sendiri dan jangan gunakan untuk aktifitas apapun. setelah laptop mati sendiri karena baterai habis, pasang charger dan nyalakan lagi laptopnya.
ternyasa setelah saya lakukan hal seperti itu baterai tetap tidak mau mengisi.

saya tetap men-charging laptop dan menggunakan laptop untuk aktifitas saya seperti biasa. saat saya tidur sengaja tidak saya matikan agar baterai tetap panas. begitu pikir saya,
esoknya, saya matikan laptop dan saya nyalakan lagi. ternyata baterai telah penuh.
tapi tetap tidak bisa menyala tanpa di aliri listrik dahulu alias harus saya pasang charger dulu untuk menghidupkan laptop yang baterainya full ini.
saya kembali masuk ke safe mode dan mengulangi cara sebelumnya.
ternyata masih tetap seperti itu. akhirnya saya menonton film dengan baterai yang tidak terisi padahal charger terpasang.
tiba-tiba baterai mengisi dengan sendirinya dan saya biarkan.
setelah penuh saya matikan dan saya coba nyalakan tanpa di charging.
ternyata bisa.

nah, setelah itu setiap saya melakukan aktifitas diruangan saya tancapkan charger ke laptop meski baterai penuh, karena baterai zaman sekarang telah dirancang untuk bisa men'cut aliran listrik pada laptop yang naterainya telah penuh.

nah. intinya. tetap colokkan charger ke laptop untuk pemanasan. mungkin saja laptop lupa mengenali baterai anda... :D
semoga membantu untuk yang memiliki kasus seperti saya....

2 Komentar to “menangani masalah baterry laptop”

  1. apakah semua jenis batre jaman sekarang dirancang demikian ??

  1. Unknown says:

    kemungkinan iya..

Posting Komentar

Powered By Blogger